Langsung ke konten utama

Rumahku Surgaku

Rumah merupakan tempat tinggal bagi manusia yang hidup dalam suatu lingkungan keluarga. Tidak peduli apakah rumah tersebut berada di tengah kota, pinggiran bahkan dipelosok sekalipun tidak akan mengurangi kebahagiaan penghuni. Terlebih, bagi anak perantauan yang melangkah jauh dari lingkungan rumah, keluarga, desa, atau kerabat, sehingga menjadi suatu kerinduan yang menggunung untuk pulang ke kampung halaman di waktu liburan panjang.  Hal ini tidak menjadi perdebatan bagi anak perantauan yang senantiasa menjadi keakraban dengan keluarga di rumah meskipun hanya melalui handphone.
Rumah yang dirindukan tentu memiliki daya tarik tertentu sehingga menimbulkan kecenderungan untuk pulang ketika sudah meraih kesuksesan di kota orang. Beberapa hal yang menjadi daya tarik adalah:
1.      Kasih Sayang Orang Tua
Merupakan sebuah keistimewaan bagi sebuah keluarga jika orang tua selalu memberikan kasih sayang yang cukup bagi anak-anaknya. Sejak lahir hingga dewasa dibekali makna hidup sejati seperti iman, ilmu, seni dilengkapi harta. Iman akan mengantarkan anak ke jalan yang terarah; ilmu akan mengantarkan anak ke jalan yang mudah; seni akan mengantarkan anak ke jalan hidup yang indah; dan harta akan menjadi pelengkap untuk memenuhi kebutuhan hidup. Sopan santun antara anak kepada orang tua atau sebaliknya yang selalu dijaga akan berimplikasi pada loyalitas anak kepada orang tua untuk selalu menghormati, menyayangi dan berbakti.
2.      Rumah yang selalu ramai dengan Al-Qur’an
Al-Qur’an menjadi penyejuk hati dan peneguh jiwa bagi pembaca dan pendengar. Apalagi Al-Qur’an senantiasa dibaca kesehariannya di rumah sendiri. Masih teringat dahulu, ketika waktu shalat maghrib tiba setiap anak pergi bersama bapaknya ke mushalla untuk melaksanakan shalat. Setelah shalat, semua anak kembali ke rumah dan belajar membaca Al-Qur’an bersama orang tuanya, sehingga kampung tempat kami hidup selalu diwarnai dengan suara mengaji anak-anak yang polos dan bahagia. Setiap rumah bersinar dengan cahaya Al-Qur’an dan lantunannya menghiasi telinga.
3.      Saling mendukung dalam kebaikan
Keluarga yang selalu mendukung anaknya dalam berbuat baik adalah salah satu wujud dari keluarga sakinah. Memberikan support satu sama lain dalam mencapai tujuan yang dicita-citakan. Meskipun cita-cita itu terlihat sulit, namun dari dukungan itu menjadikan anak semakin kuat dan semangat. Suasana rumah yang tentram menjadi motivasi dan charger bagi anak yang sudah hampir kehabisan daya untuk belajar akan kembali bangkit dengan semangat baru.

Beberapa hal di atas yang menjadi daya tarik seorang anak akan rumahnya bukanlah sesuatu yang bersifat baku, melainkan hanya sebagaian pengalaman yang dirasakan penulis selama hidup bersama keluarga. Masih banyak kondisi rumah yang lebih ideal dan menarik daripada hal di atas, namun penulis meyakini pada umumnya seorang manusia mendambakan hal tersebut terjadi di rumah dan lingkungannya, sehingga rumah akan terasa seperti surga di dunia yang ideal untuk ditinggali. klik di sini

Komentar